Minggu, 28 April 2013

TUGAS "Bahasa Indonesia"

Mau share tugas sekolah beberapa bulan yang lalu :)

INI DIA.....


Resensi Buku Kumpulan Cerpen
Sebuah Cinta Sekolah Rakyat
JUDUL                                 : Sebuah Cinta Sekolah Rakyat
PENGARANG                     : Toti Tjitrawasita
PENERBIT                           : CV Indocamp
TAHUN TERBIT                : 2008
TEBAL BUKU                    : 87 halaman

Titi Tjitrawatita adalah seorang penulis buku. Telah banyak buku yang ditulisnya dan salah buku karyanya yaitu buku kumpulan cerpen yang berjudul Sebuah Cinta Sekolah Rakyat. Judul buku ini diambil dari salah satu judul cerpen dalam buku ini . Diantara kesembilan cerpen tersebut ada lima cerpen yang menarik yang berjudul Sebuah Cinta Sekolah Rakyat,Interlude,Komisi,Di Luar Rencana dan Humaniak.
Cerpen pertama berjudul Sebuah Cinta Sekolah Rakyat  mengisahkan pengalaman Tini yang menyukai tamu yang datang kerumahnya yaitu teman Bapaknya sendiri yang bernama Dr.Zhivago. Tini mulai merasa jatuh cinta katika sang tamu menginap beberapa waktu di rumahnya. Ketika tiba waktu yang ditakutkan Tini,yaitu saat Dr.Zhivago harus pulang.Tini sedih dan meratapinya sampai beberapa waktu,membuat kedua orangtuanya bingung mengapa Tini bersikap aneh. Sampai akhirnya Tini harus ke Jakarta untuk belajar ,dan ketika berangkat ia mendapat titipan buku dari ayahnya,ternyata dalam buku itu terselip surat yang bertulis “Jangan kau ikuti perasaanmu itu,Sungguh menyesal bahwa aku harus mengatakannya. Mungkin ini terlalu kejam,apa boleh buat itu hanyalah cinta sekolah rakyat”. Sepuluh tahun kemudian Di Jakarta ternyata Tini bertemu dengan Dr .Zhivago yang sedang bersama istrinya,mereka saling bertegur sapa,dan sesaat setelah Dr.Zhivago pergi Tini berkata pada temannya bahwa dia pernah jatuh cinta pada orang itu. Dalam cerita ini kita bisa mengambil hikmah dan amanatnya.

Cerpen yang kedua berjudul Interlude mengisahkan Asri yang bertemu dengan teman masa kecilnya . Asri dengan bercanda bertanya “jadi apa kamu sekarang?” lantas temannya menjawab bahwa dia sekarag jadi dokter,tanpa mendapat beasiswa. Bapaknya yang menjadi PNS sangat berambisi untuk menjadikannya dokter,sampai pada akhirnya bapaknya harus dipenjara karena korupsi. Akhirnya ibunyalah yang harus membiayainya ,karena ketidak mampuan akhirnya ibunya harus menjual diri agar bisa menjadikan dia seorang dokter. Setelah sekarang dia menjadi dokter dia memeras pasiennya agar mendapatkan banyak uang,sehingga ayahnya bisa dibebaskan dari penjara,dan ibunyapun sudah tidak lagi menjual diri.Mendengar itu Asti terdiam dan Astipun diantar pulang.Beberapa waktu kemudia Asti diajak temannya itu kerumah,dan ternyata disana ada keluarganya yaitu ibu,ayah dan adiknya ,suasanapun begitu hangat. Dan tak disangka Astipun dilamar. Saat itu asti mendapat penjelasan bahwa ayahnya tak pernah korupsi,dan ibunya tak pernah menjadi pelacur,dia bisa menjadi guru karena ibunya menang lotre 1 juta sehingga dia bisa menjadi dokter. Perkataannya kemarin hanya candaan dan bualan. Cerpen yang kedua ini alurnya tidak terduga-duga,sehingga mejadi hal yang menarik bagi pembaca.
Cerpen ketiga berjudul Komisi mengisahkan Asril yaitu seorang pemuda yang jelek dan belum mempunyai pasangan.Bibi dan pamannya bingung harus melakukan apa untuk mencarikan jodoh. Semua cara sudah dilakuka tapi Asril nampaknya sama sekali tidak tertarik.Suatu ketika Paman Asril mencemooh Asril dan menyinggung statusnya yang masih sendiri ,hal ini merupakan salah satu strategi mereka. Mendengar cemoohan mereka Asril diam saja.Lalu beberapa hari kemudian bibi dan paman Asril mendapat surat peringatan dari kampus jika Asril telah melakukan kesalahan yaitu mencium dokter gigi. 2 minggu kemudian mereka mendapat laporan yang sama kira kira ada 5-6 kali. 3 bulan berlalu,bibi dan paman Asril tidak mendapat kabar sejak Asril pindah keluar kota,sampai akhirnya  dia datang kerumah dan memperkenalkan istrinya yang cantik yaitu dokter gigi yang pernah diciumnya..5 tahun kemudian Asril kembali berkunjung dengan mobil mewah bersama wanita cantik yang ternyata adalah istri lainnya selain dokter gigi tadi. Dari cerpen ini kita bisa mengambil pelajaran berharga tentang kehidupan.Betapa sulitnya untuk setia?Tidakkah kita berfikir seberapa keras perjuangan kita untuk mendapatkan kekasih kita?Namun pada akhirnya kita mendua.
Cerpen keempat berjudul  Di Luar Rencana mengisahkan seorang wanita yang ditinggal menikah pacarnya dengan  kakaknya sendiri.suatu hari kakaknya menyuruhnya untuk pergi ke Jakarta ,dia berfikir bahwa kakaknya tersebut akan menjodohkannya dengan seorang laki laki seperti yang pernah dilakukan beberapa kali. Maka dalam perjalanan dia merencanakan skenario untuk berpura pura sudah bertunangan,dan mengarang nama tunangannya dengan nama Macaaksara yaitu nama pengarang buku yang dibacanya ketika di pesawat. Sesampainya di bandara ternyata kakaknya sudah menjemputnya ditemani dengan seorang laki laki dengan perawakan yang gagah. Ternyata adalah seorang insinyur muda. Kakakya heran ketika melihat cincin yang melingkar di jarinya,ternyata ia sudah bertunangan. Insinyur muda itu terkejut ketika dia menyebutkan bahwa nama tunangannya Macaksara. Karena Macaksara adalah nama teman ayah insinyur itu yaitu orang yang sudah cukup tua. Di Jakarta cewek itu bersikap dingin dan cuek dengan sang insinyur.Saat akan kembali pulang ke kotanya suami kakaknya menitip salam pada Macaksara. Di pesawat pramugari menawarinya bacaan kompas dan ternyata pada sampul depan ada gambar insinyur Haryono yaitu insinyur muda yang ia temui di Jakarta,dan ternyata beliau adalah Insinyur Macaksara.Begitu malunya dia dengan semua kebohongan itu.
Cerpen yang ke lima berjudul Humaniak yang mengisahkan seorang pejuang modern yang prihatin dengan kelakuan generasi muda sekarang. Dia tidak mengerti apa yang dlakukan para pemuda untuk mengisi kemerdekaan. Dia bingung apa yang harus ia lakukan untuk membuat mereka mengerti arti perjuangan yang sesungguhnya. Karena kebingungannnya itu ia pergi ketempat sang guru untuk minta penjelasan dan mencurahkan semua isi hatinya.
Nah itulah lima sinopsis cerpen dari 9 cerpen yang ada dalam buku ini.Karena buku ini memakai gaya bahasa yang lumayan sulit dimengerti bagi anak-anak dan cerritanya juga kebanyakan tentang percintaan jadi buku ini lebih cocok dibaca untuk remaja dan orang dewasa. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari buku ini, selain sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang buku ini juga mengandung amanat baik moral maupun pendidikan sehingga dapat berguna bagi kita pembacanya. Jika kita pandai dalam memahami sesuatu maka kita akan mendapat banyak pelajaran dari buku ini.
Kelebihan dari buku ini yaitu alur ceritanya tidak membosankan,selain itu jalan ceritanya juga sulit ditebak. Sehingga membuat pembaca sangat penasaran dan ingin segera mengetahui akhir ceritanya. Sedangkan kelemahan dari buku ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang cukup sulit dipahami bagi sebagian remaja. Jadi membutuhkan beberapa saat untuk memahami alur cerita. Namun hal ini tidak begitu berpengaruh bagi remaja ataupun orang dewasa yang cukup pandai memaknai kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman